Profil desa

Desa Sumber Wuluh

Jalan Raya Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro ,Kabupaten Lumajang

Kecamatan Candipuro
Kabupaten Lumajang
Kelembagaan
Kelembagaan :

2018, No. 569-2-Mengingat: 1. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 16, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4916);2.Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 7, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5495);3.Undang-Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587) sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 58, Tambahan Negara Republik Indonesia Nomor 5679);4.Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 123, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5539) sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2015 Nomor 157,Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5717);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI TENTANG LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA DAN LEMBAGA ADAT DESA.www.peraturan.go.id 2018, No. 569-3-BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Menteri ini yang dimaksud dengan:1.Desa adalah desa dan desa adat atau yang disebut dengan nama lain, selanjutnya disebut Desa, adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.2.Lembaga Kemasyarakatan Desa yang selanjutnya disingkat LKD adalah wadah partisipasi masyarakat, sebagai mitra Pemerintah Desa, ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat Desa.3.Lembaga Adat Desa atau sebutan lainnya yang selanjutnya disingkat LAD adalah lembaga yang menyelenggarakan fungsi adat istiadat dan menjadi bagian dari susunan asli Desa yang tumbuh dan berkembang atas prakarsa masyarakat Desa.4.Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalamsistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.5.Pemerintah Desa adalah Kepala Desa atau yang disebut dengan nama lain dibantu perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara Pemerintahan Desa.6.Badan Permusyawaratan Desa atau yang disebut dengan nama lain adalah lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis.7.Pembangunan Desa adalah upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.www.peraturan.go.id 2018, No. 569-4-8.Peraturan Desa adalah peraturan perundang-undangan yang ditetapkan oleh Kepala Desa setelah dibahas dan disepakati bersama Badan Permusyawaratan Desa.Pasal 2Tujuan pengaturan LKD dan LAD meliputi:a.mendudukkan fungsi LKD dan LAD sebagai mitra Pemerintah Desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat;b.mendayagunakan LKD dan LAD dalam proses pembangunan Desa; danc.menjamin kelancaran pelayanan penyelenggaraan Pemerintahan Desa.BAB IILEMBAGA KEMASYARAKATAN DESABagian KesatuPembentukan dan PenetapanPasal 3(1)LKD dibentuk atas prakarsa Pemerintah Desa dan masyarakat.(2)Pembentukan LKD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dengan memenuhi persyaratan:a.berasaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;b.berkedudukan di Desa setempat;c.keberadaannya bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat Desa;d.memiliki kepengurusan yang tetap;e.memiliki sekretariat yang bersifat tetap; dan f.tidak berafiliasi kepada partai politik.(3)Ketentuan lebih lanjut mengenai Pembentukan LKD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Desa.www.peraturan.go.id 2018, No. 569-5-Bagian KeduaTugas dan FungsiPasal 4(1)LKD bertugas: a.melakukan pemberdayaan masyarakat Desa; b.ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan; dan c.meningkatkan pelayanan masyarakat Desa. (2)Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b, LKD mengusulkan program dan kegiatan kepada Pemerintah Desa.Pasal 5Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4, LKD memiliki fungsi: a.menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat; b.menanamkan dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat; c.meningkatkan kualitas dan mempercepat pelayanan Pemerintah Desa kepada masyarakat Desa; d.menyusun rencana, melaksanakan, mengendalikan, melestarikan, dan mengembangkan hasil pembangunan secara partisipatif; e.menumbuhkan, mengembangkan, dan menggerakkan prakarsa, partisipasi, swadaya, serta gotong royong masyarakat; f.meningkatkan kesejahteraan keluarga; dan g.meningkatkan kualitas sumber daya manusia.Bagian KetigaJenisPasal 6(1)Jenis LKD paling sedikit meliputi: a.Rukun Tetangga;b.Rukun Warga;www.peraturan.go.id 2018, No. 569-6-c.Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga;d.Karang Taruna;e.Pos Pelayanan Terpadu; danf.Lembaga Pemberdayaan Masyarakat.(2)Pemerintah Desa dan masyarakat Desa dapat membentuk LKD selain sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan.(3)Ketentuan lebih lanjut mengenai jenis LKD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dalam Peraturan Desa.Pasal 7(1)Rukun Tetangga dan Rukun Warga sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf a dan huruf b bertugas:a.membantu Kepala Desa dalam bidang pelayanan pemerintahan;b.membantu Kepala Desa dalam menyediakan data kependudukan dan perizinan; dan c.melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.(2)Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf c, bertugas membantu Kepala Desa dalam melaksanakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga.(3)Karang Taruna sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf d, bertugas membantu Kepala Desa dalam menanggulangi masalah kesejahteraan sosial dan pengembangan generasi muda.(4)Pos Pelayanan Terpadu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf e bertugas membantu Kepala Desa dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat Desa.(5)Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) huruf f, bertugas membantu Kepala Desa dalam menyerap aspirasi masyarakat terkait perencanaan pembangunan desa dan menggerakkan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa dengan swadaya gotong-royong.www.peraturan.go.id 2018, No. 569-7-Pasal 8(1)Pengurus LKD terdiri atas:a.ketua;b.sekretaris;c.bendahara; dand.bidang sesuai dengan kebutuhan.(2)Ketentuan lebih lanjut mengenai pengurus LKD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Keputusan Kepala Desa.(3)Pengurus LKD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memegang jabatan selama 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal ditetapkan.(4)Pengurus LKD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat menjabat paling banyak 2 (dua) kali masa jabatan secara berturut-turut atau tidak secara berturut-turut.(5)Pengurus LKD dilarang merangkap jabatan pada LKD lainnya dan dilarang menjadi anggota salah satu partai politik.BAB IIILEMBAGA ADAT DESABagian KesatuPembentukanPasal 9(1)LAD dapat dibentuk oleh Pemerintah Desa dan masyarakat Desa.(2)Pembentukan LAD sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dengan memenuhi persyaratan:a.berasaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;b.aktif mengembangkan nilai dan adat istiadat setempat yang tidak bertentangan dengan hak asasi manusia dan dipatuhi oleh masyarakat;c.berkedudukan di Desa setempat;www.peraturan.go.id 2018, No. 569-8-d.keberadaannya bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat Desa; e.memiliki kepengurusan yang tetap;f.memiliki sekretariat yang bersifat tetap; dan g.tidak berafiliasi kepada partai politik.(3)Ketentuan lebih lanjut mengenai pembentukan LAD sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan dengan Peraturan Desa.Bagian KeduaTugas dan Fungsi Lembaga Adat DesaPasal 10(1)LAD bertugas membantu Pemerintah Desa dan sebagai mitra dalam memberdayakan, melestarikan, dan mengembangkan adat istiadat sebagai wujud pengakuan terhadap adat istiadat masyarakat Desa.(2)Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), LAD berfungsi:a.melindungi identitas budaya dan hak tradisional masyarakat hukum adat termasuk kelahiran, kematian, perkawinan dan unsur kekerabatan lainnya;b.melestarikan hak ulayat, tanah ulayat, hutan adat, dan harta dan/atau kekayaan adat lainnya untuk sumber penghidupan warga, kelestarian lingkungan hidup, dan mengatasi kemiskinan di Desa; c.mengembangkan musyawarah mufakat untuk pengambilan keputusan dalam musyawarah Desa;d.mengembangkan nilai adat istiadat dalam penyelesaian sengketa pemilikan waris, tanah dan konflik dalam interaksi manusia;e.pengembangan nilai adat istiadat untuk perdamaian, ketentraman dan ketertiban masyarakat Desa;f.mengembangkan nilai adat untuk kegiatan kesehatan, pendidikan masyarakat, seni dan budaya, lingkungan, dan lainnya; dang.mengembangkan kerja sama dengan LAD lainnya.www.peraturan.go.id 2018, No. 569-9-Bagian KetigaJenis dan KepengurusanPasal 11(1)Jenis dan kepengurusan LAD yang menyelenggarakan fungsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10 ayat (2) ditetapkan dengan Peraturan Desa.(2)Peraturan Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berpedoman pada Peraturan Bupati/ Peraturan Wali Kota.BAB IVHUBUNGAN KERJA LEMBAGA KEMASYARAKATAN DESA DAN LEMBAGA ADAT DESAPasal 12(1)Hubungan kerja LKD dan LAD dengan Pemerintah Desa bersifat kemitraan.(2)Hubungan kerja LKD dan LAD dengan Badan Permusyawaratan Desa bersifat konsultatif.(3)Hubungan kerja LKD dan LAD dengan Lembaga Kemasyarakatan lainnya di Desa bersifat koordinatif.BAB VPEMBINAAN DAN PENGAWASANPasal 13(1)Menteri melalui Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa melakukan pembinaan dan pengawasan secara umum terhadap pembentukan, pemberdayaan dan pendayagunaanLKD dan LAD sebagai mitra Pemerintah Desa.(2)Gubernur melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pembentukan, pemberdayaan dan pendayagunaan LKD dan LAD sebagai mitra Pemerintah Desa pada Kabupaten/ Kota di wilayahnya.(3)Bupati/Wali kota melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pembentukan, pemberdayaan dan www.peraturan.go.id 2018, No. 569-10-pendayagunaan LKD dan LAD sebagai mitra Pemerintah Desa di wilayahnya.(4)Camat melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pembentukan, pemberdayaan dan pendayagunaan LKD dan LAD sebagai mitra Pemerintah Desa di Desa.BAB VIKETENTUAN LAIN-LAINPasal 14(1)Pembentukan LKD dan LAD yang diatur dalam Peraturan Menteri ini berlaku mutatis mutandis bagi pembentukan LKD dan LAD di kelurahan.(2)Ketentuan lebih lanjut mengenai pengaturan dan penetapan LKD dan LAD di kelurahan diatur dengan Peraturan Bupati/ Peraturan Wali Kota.BAB VIIKETENTUAN PERALIHANPasal 15LKD dan LAD yang telah dibentuk sebelum Peraturan Menteri ini berlaku, tetap diakui keberadaannya sebagai LKD dan LAD sepanjang tidak bertentangan dengan Peraturan Menteri ini.BAB VIIIKETENTUAN PENUTUPPasal 16Pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.Pasal 17 Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan.www.peraturan.go.id 2018, No. 569-11-Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.Ditetapkan di Jakartapada tanggal 9 April 2018MENTERI DALAM NEGERI,REPUBLIK INDONESIA,ttdTJAHJO KUMOLODiundangkan di Jakarta pada tanggal 27 April 2018DIREKTUR JENDERALPERATURAN PERUNDANG-UNDANGANKEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIAREPUBLIK INDONESIA, ttdWIDODO EKATJAHJANA

Tupoksi :

Visi Misi :

Sistem Penanganan Bencana
Penduduk
Jumlah Penduduk :
Deskripsi
Jumlah
Total
Orang
Profil Penduduk :
Deskripsi
Jumlah
Total
Orang
Tingkat Pendidikan :
Deskripsi
Jumlah
Total
Orang
Kondisi Kesehatan :
Deskripsi
Jumlah
Total
Orang
Sosial Budaya
Organisasi Sosial :

Upacara Adat :

Tradisi Sosial Budaya :

Kondisi Geografis
Letak Astronomi :
Deskripsi
Batas Wilayah :
Deskripsi
Kondisi Tanah :
Deskripsi
Kondisi Geografis dan Topografis :
Deskripsi
Orbitrasi (Jarak dari Pusat Pemerintahan) :
Deskripsi
Potensi Desa
Deskripsi
Mata Pencaharian
Deskripsi
Fasilitas Umum
Balai Desa :
Kategori
Deskripsi
Kantor Desa :
Kategori
Deskripsi
Balai Dusun :
Kategori
Deskripsi
Fasilitas Kesehatan :
Kategori
Deskripsi
Fasilitas Pendidikan :
Kategori
Deskripsi
Perkantoran :
Kategori
Deskripsi
Penginapan :
Kategori
Deskripsi
Rumah Makan :
Kategori
Deskripsi
Sarana, Prasarana dan Utilitas
Tempat Ibadah :
Kategori
Deskripsi
Jalan :
Kategori
Deskripsi
Air :
Kategori
Deskripsi
Listrik :
Kategori
Deskripsi
Kebencanaan
Kondisi Bangunan
Rekap Sistem Penanganan Bencana